Home Olahraga Jalan Kaki Cegah Penyakit Jantung
Jalan Kaki Cegah Penyakit Jantung PDF Cetak Surel
Ditulis oleh dr.H.M.Edial Sanif,SpJP,FIHA   
Minggu, 15 Februari 2009 22:37

Jalan Kaki Cegah Penyakit Jantungjogging.jpg

Tak dipungkiri, jalan kaki merupakan salah satu olah raga fisik paling  murah. Dapat dilakukan setiap saat dan baik bagi kesehatan


. Bagi yang terbiasa mengendarai mobil, menurut saran sejumlah ahli kesehatan, kenapa tidak mengubah  pola hidup dengan meninggalkan mobil dirumah dan menggantinya dengan jalan kaki atau jalan santai aja.

Hasil penelitian jalan kaki secara teratur dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi), yang merupakan salah satu faktor pencetus penyakit jantung.Selain itu, jika Anda memang penderita hipertensi, aktivitas berjalan kaki justru sangat membantu menurunkan, mengurangi, tekanan darah, tentunya jika dilakukan secara rutin.

Aktivitas jalan kaki memang baru bisa  disebut olah raga jika dilakukan secara berkesinambungan, minimum 30 menit, setiap harinya. Untuk latihan jantung, perhitungan zona  latihannya adalah 60-80% dari denyut nadi maksimum(DNM).

Agar latihan lebih efektif ,kalangan ahli berpendapat, sebaiknya intensitasnya di tambah, baik kecepatannya jarak tempuhnya, waktu dan juga medannya (misalnya jalan yang menanjak/menurun). Latihanpun bisa di mulai dari seminggu sekali,seminggu dua kali, seminggu tiga kali, sampai nantinya bisa dilakukan setiap hari.

Bertahap & rutin

Pembiasaan tersebut memang tidak mudah .Tapi jika dilakukan secara rutin dan bertahap dengan kemauan yang tinggi, pasti bisa berhasil. Selain itu, coba tanamkan pula kebiasaan berjalan kaki jika ingin menuju tempat yang tidak terlalu jauh. Alih-alih menggunakan kendaraan bermotor,cobalah berjalan kaki.

Meskipun hanya 10 menit, lumayan untuk menggerakkan otot tubuh dan jantung Anda. Peningkatan aktivitas fisik perlu juga dilakukan.Hal itu bukan berarti Anda harus berolahraga di sebuah tempat senam, namun perbanyak aktivitas, seperti jalan kaki menggunakan tangga, dibanding lift serta berkebun.Yakinlah bahwa kegiatan  tersebut jauh lebih baik & bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Sumber :  Asep Iswayanto/MD/dari berbagai sumber.

 

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 02 April 2009 18:58
 

MALALARADIO 105.2 FM