Home Obesitas Diet Tanpa Olahraga, Efektif Turunkan Berat Badan
Diet Tanpa Olahraga, Efektif Turunkan Berat Badan PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 07 Februari 2009 13:35
Diet Tanpa Olahraga, Efektif Turunkan Berat Badanobesitas_2.jpg


Diet dan olahraga selama ini dipercaya sebagai cara yang paling efektif untuk mengurangi berat badan. Namun laporan penelitian terbaru justru menyebutkan kalau berdiet saja lebih efektif dari diet plus olahraga.

Untuk mengurangi berat badan, yang diperlukan adalah memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar lewat metabolisme dan aktifitas fisik. Namun hasil riset kami membuktikan bahwa yang penting adalah mengurangi kalori, entah itu lewat diet makanan atau olahraga setiap hari,"  kata Dr Leanne Redman dari Pennington Biomedical Research Center, Louisana, AS.

Dalam risetnya, Redman dan timnya melibatkan 35 responden yang terdiri dari 16 pria dan 19 wanita. Setelah 6 bulan, 12 orang dalam kelompok diet mampu mengurangi asupan kalori mereka sebanyak 25 persen. 12 orang dalam kelompok diet dan olahraga, porsi kalorinya berkurang 12,5 persen, namun frekuensi olahraganya meningkat 12,5 persen.  Sedangkan sisanya, masuk dalam kelompok yang tidak berdiet dan olahraga. 

Kelompok yang hanya berdiet saja berat badannya berkurang, sama dengan kelompok yang melakukan diet dan olahraga. Berat badan mereka berkurang 10 persen, massa lemaknya berkurang 24 persen dan lemak di bagian perut berkurang 27 persen.

Jika tujuannya memang hanya untuk mengurangi berat badan, diet saja atau olahraga memang efektif. Tetapi jika ingin menghindari penyakit, para ahli menyarankan melakukan olahraga teratur, khususnya aerobik, untuk menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes dan risiko terkena kanker.

Seperti dilaporkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan olahraga teratur lemak akan berkurang di seluruh bagian tubuh dan bukan di bagian tubuh tertentu saja.



Sumber:kompas, reuters
Penulis: An
Terakhir Diperbaharui pada Senin, 07 September 2009 01:53
 

MALALARADIO 105.2 FM