Home Koroner Wanita Terkena Jantung Meningkat
Wanita Terkena Jantung Meningkat PDF Cetak Surel
Ditulis oleh dr.H.M.Edial Sanif,SpJP,FIHA   
Sabtu, 18 April 2009 08:38

Tuntutan persamaan hak antara pria dan wanita terus diperjuangkan kaum perempuan. Para perempuan mendesak agar mereka mendapat tempat tempat yang sejajar dengan kaum pria,baik dalam rumah tangga, pendidikan,pekerjaan,dipemerintahan hingga legislatif. Kini,kaum perempuan pun sudah banyak yang berkiprah. Ada yang berbisnis,pekerja kantoran, sebagai pendidik dan berpolitik,berkiprah dipemerintahan dan  banyak lagi. Terkadang,dalam aktifitasnya mengalami stres.

Sementara,padatnya aktivitas tidak dibarengi dengan olahraga,pola makan dan pola hidup yang sehat. Kondisi ini diperburuk dengan mulai banyaknya kaum perempuan yang merokok,terutama wanita karir atau pekerja kantoran. Mereka akhirnya lupa jika ancaman penyakit jantung ada didepan mata.

Tiga puluh tahun yang lalu,resiko permpuan terkena penyakit jantung adalah 6:1 (6 dibanding1) Artinya,pria 6 kali lebih tinggi berisiko terkena penyakit jantung dibanding wanita.Namun sekarang rasio tersebut semakin mengecil.Beberapa ahli menyebutkan rasionya sudah mendekati 3:1.  Hal ini kemungkinan disebabkan semakin meningkatnya faktor resiko pada wanita,diantaranya merokok dan tekanan dalam pekerjaan yang membutanya stres.

Dimanjakan Mesin
Tapi ,resiko terkena penyakit jantung juga dialami para wanita rumahan atau ibu rumah tangga. Pasalnya,kemajuan teknologi memanjakan ibu rumah tangga. Beberapa pekerjaan rumah sudah dengan mesin, membersihkan rumah dengan mesin,mencuci pakaian dengan mesin,menggiling bumbu dengan mesin,keluar rumah dengan motor atau mobil.Selain itu, pekerjaan rumah juga diambil alih oleh pembantu.

Obesitas atau kegemukan semakin menghantui para wanita.Menurut para ahli,saat ini semakin banyak mengalami menopause  lebih dini.  Dalam suatu penelitian yang melibatkan 5.600 orang wanita dengan usia berkisar antara 46 sampai 57 tahun dan dievaluasi selama 10 tahun, didapapatkan bahwa semakin banyak wanita yang menderita hipertensi,hiperkolestrol,obesitas dan penyakit  jantung . Hasil studi ini dibacakan dalam kongres Yayasan Jantung Amerika (AHA)yang dilangsukan di COLORADO,Amerika.

Karena ulah manusia sendiri tatanan menjadi berubah.Pola makan yang tidak baik,stres,merokok,obesitas,konsumsi obat  yang  tidak wajar alias sembarangan,  terjadilah monopause lebih awal,kadar ekstrogen menurun,sehingga resiko penyakit jantung pun meningkat.

Jadi,kaum perempuan harus mulai waspada dengan ancaman penyakit jantung.  Boleh-boleh saja beraktifitas diluar rumah atau wanita karir.tapi jangan lupakan pola hidup sehat.Hindari rokok dan cegah terjadinya stres berat yang berakibat serangan jantung.

dr.H.M.Edial Sanif, SpJP,FIHA. (MITRA DIALOG,18 APRIL 2009)

Terakhir Diperbaharui pada Rabu, 18 Agustus 2010 01:55
 

MALALARADIO 105.2 FM