Home Hipertensi Cegah Hipertensi dengan Biji Mahoni
Cegah Hipertensi dengan Biji Mahoni PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Sabtu, 13 Desember 2008 17:25
Cegah Hipertensi dengan Biji Mahoni10148_1.jpg




Guna meredam hipertensi, sediakan 8 gram biji mahoni segar, seduh dalam 2 gelas air mendidih. Setelah dingin disaring , lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minumlah setiap pagi dan sore hari.

 

 

Mahoni  termasuk pohon yang banyak ditanam, baik di hutan maupun dipinggir jalan raya karena berfungsi sebagai pohon pelindung. Pohon tahunan yang tingginya bisa mencapai 25 meter ini, setelah diteliti kalangan ahli kesehatan ternyata memiliki biji yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti darah tinggi (hipertensi), kurang nafsu makan, demam, kencing manis  (diabetes mellitus), masuk angin, eksim dan reumatik.
Guna meredam hipertensi, sediakan 8 gram biji mahoni segar, seduh dalam  2 gelas air mendidih . Setelah dingin disaring, lalu dibagi menjadi 2 bagian. Minumlah pagi dan sore. Bisa juga dengan memasukkan  ½ sendok teh serbuk biji mahoni diseduh dengan  ½  cangkir air panas dan dan tambahkan 1 sendok makan madu. Kemudian, minum selagi hangat dan dilakukan  2-3 kali sehari.
Untuk mengurangi kadar gula dalam darah,  masukkan ½ sendok teh serbuk  biji mahoni, seduh dengan 1/3 cangkir air panas. Diminum selagi hangat, 30 menit  sebelum makan. Lakukan  2-3 kali kali sehari. Resep ini selain mengurangi kadar gula dalam darah, juga meningkatkan nafsu makan, menyembuhkan demam dan menyembuhkan masuk angin.


Mencegah Penyumbatan

Didalam biji mahoni terdapat zat saponin dan flanovoida. Kandungan flanovoida berfungsi melancarkan peredaran darah, terutama mencegah penyumbatan saluran darah, mengurangi tingkat kolesterol, mengurangi penimbunan lemak pada dinding saluran darah, membantu mengurangi rasa sakit, pendarahan dan lebam.
Zat itu juga  bermanfaat sebagai anti oksidan dan mampu menyingkirkan radikal bebas, sehingga orang bebas dari kanker. Sementara saponin mampu mencegah penyakit sampar, mengurangi lemak badan, meningkatkan sistem kekebalan, mencegah pembekuan darah dan mengatur tingkat gula dalam darah serta menguatkan fungsi hati dan memperlambat proses pembekuan darah. Dengan membiasakan mengkonsumsi biji mahoni, dapat diyakini orang akan lebih jauh dengan hipertensi, diabetes dan penyakit. Bahkan bebas dari serangan jantung. (ingin tahu lebih jauh : klik disini)   


Sumber : Asep Iswayanto/MD/ dari berbagai sumber. Mitra Dialog. November 2008.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 02 April 2009 19:24
 

MALALARADIO 105.2 FM