Home Hati Hepatitis, yang Perlu Anda Ketahui (2)
Hepatitis, yang Perlu Anda Ketahui (2) PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Jumat, 12 September 2008 00:12
Gejala
Secara awam, sulit mengetahui gejala-gejala apakah dirinya terserang hepatitis A, B, C, bahkan hepatitis tipe lain. Sebab beberapa kasus hepatitis yang penularannya dari orang ke orang ini menunjukkan gejala yang sama, seperti flu. Bahkan yang lain tidak menunjukkan gejala berarti.

 
Namun gejala yang umum terjadi adalah tubuh terasa lemah, mudah lelah, mual-mual, diare, pencernaan terganggu, nafsu makan menurun, sering kembung, otot terasa nyeri, suhu tubuh meninggi, dan warna urine seperti teh. Sering pula disertai dengan adanya perubahan warna kulit dan mata yang menguning. Biasanya gejala-gejala itu muncul setelah satu minggu virus menginfeksi. Celakanya, penderita hepatitis C dalam jangka panjang baru menampakkan tanda-tanda sekitar 10-20 tahun setelah virus menginfeksi. Virus dari darah penderita tersebut akan menetap pada tubuh, dan menyebabkan kerusakan pada hati. Hati menjadi mengkerut dan tidak dapat menjalankan fungsinya (sirosis). Beberapa kasus menunjukkan gejala yang parah, misalnya berat badan menurun secara drastis dalam waktu singkat.

Secara fisik seseorang yang menderita hepatitis B dapat menunjukkan pembesaran hati dan limpa, bengkak pada perut dan kaki, kelainan pembekuan darah, dan menurunnya kesadaran.

Penularan
Cara penularan virus hepatitis A melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi VHA. Sedang Hepatitis B, C, dan tipe lain hampir sama, yakni lewat penggunaan barang-barang pribadi, seperti sikat gigi, pisau cukur yang digunakan secara bersama-sama. Virus dari penderita hepatitis tersebut akan menyusup lewat luka permukaan kulit yang barangkali tidak kita sadari. Jarum suntik dan tindik telinga juga menularkan virus hepatitis.

Seperti halnya virus AIDS, penularan virus hepatitis juga dapat menular lewat cairan tubuh misalnya air liur, kontak seksual, transfusi darah, air seni, penggunaan jarum tato, dan penularan vertikal dari ibu kepada bayi, lewat persalinan dan menyusui.

Kurang terjaganya kebersihan seseorang dan sanitasi lingkungan akan mempermudah virus hepatitis untuk menginfeksi mangsanya. Itu sebabnya usahakan selalu mencuci tangan usai buang air besar, sebab virus Hepatitis dapat menular lewat makanan yang tercemar tinja penderita.

Hepatitis, bisakah disembuhkan?

Sumber: Buklet Hepatosol "Hepatitis, Waspadai Sedini Mungkin"

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 02 April 2009 18:59
 

MALALARADIO 105.2 FM