Home Ginjal Jangan Biarkan Ginjal Mengganjal
Jangan Biarkan Ginjal Mengganjal PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Jumat, 12 September 2008 00:30

Apakah Anda selalu merasa cepat lelah dan lemas, padahal Anda baru sebentar saja beraktivitas? Waspadalah, mungkin Anda terkena penyakit ginjal.



Apakah Anda selalu merasa cepat lelah dan lemas, padahal Anda baru sebentar saja beraktivitas? Waspadalah, mungkin Anda terkena penyakit ginjal.

Pada stadium awal, penyakit ginjal tidak menimbulkan gejala apapun. Namun seiring dengan metabolisme tubuh Anda, akan terjadi penumpukan sisa-sisa metabolisme dalam tubuh Anda. Kaki dan tangan Anda jadi membengkak, nafas pendek dan energi untuk beraktivitas akan menurun. Tetapi selama Anda mengikuti nasihat dari dokter, Anda dapat tetap hidup dengan sehat.

Suatu saat penyakit ginjal Anda dapat bertambah parah, di mana pada saat yang bersamaan, ginjal Anda mungkin berhenti berfungsi (disebut ESRD: End Stage Renal Disease; tahap akhir penyakit gin-jal). Saat ini, Anda hanya dapat mencegah atau menghindari terja-dinya keadaan yang demikian.

Fungsi utama ginjal adalah membersihkan darah dari sisa-sisa hasil metabolisme tubuh yang berada di dalam darah dengan cara menyaringnya. Jika kedua ginjal gagal menjalankan fungsinya (tahap akhir penyakit ginjal), sisa-sisa hasil metabolisme yang diproduksi oleh sel normal akan kembali masuk ke dalam darah (uremia).

Gagal ginjal bisa terjadi jika terdapat gangguan pada pembuluh darah vena atau sistem penyaringannya. Namun, bisa juga berasal dari masalah-masalah kesehatan yang lain, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes atau adanya masalah dengan sistem penyaringan pada ginjal (seperti pada keadaan glomerulonefritis atau penyakit ginjal polikistik). Pada kasus lainnya juga ditemukan adanya masalah pada saluran kemih.

Mengkonsumsi makanan yang tepat penting dilakukan oleh penderita penyakit ginjal. Sebab dengan terganggunya fungsi ginjal, kotoran dalam darah akan semakin menumpuk. Tergantung dari stadium penyakitnya, keadaan ini dapat menyebabkan tubuh menjadi beng-kak, mual atau muntah.
Dengan membatasi jumlah makanan dan cairan, maka sisa hasil metabolisme dapat habis dibuang oleh tubuh. Diet yang harus dijalani setiap penderita gagal ginjal akan berbeda satu dengan lainnya. Hal ini bergantung pada kondisi tubuh penderita.

Saran seorang ahli gizi
...

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 02 April 2009 19:15
 

MALALARADIO 105.2 FM