Home Gagal Jantung Harapan Baru Penderita Gagal Jantung
Harapan Baru Penderita Gagal Jantung PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 16 September 2008 05:52
Harapan Baru Penderita Gagal Jantung

 

sesaknapas.jpgTidak mudah mengetahui tanda-tanda gagal jantung. Namun kemajuan teknologi melahirkan terobosan baru yang memberi harapan baru  bagi penderita gagal jantung. Tanda-tanda gagal jantung dapat diketahui  dengan mudah dengan NT-proBNP.

Pada usia diatas 65 tahun, penyebab utama terjadinya hospitalisasi adalah  gagal jantung kongestif dan kurangnya prognosis. Walau ini dapat diperbaiki dengan manajemen yang baik, tantangan sesungguhnya adalah  dalam membuat keputusan klinis yang tepat.
NT-pro BNP dari cobas cardio adalah alat inovatif yang memberikan informasi  berharga untuk diagnosis, prognosis dan monitoring gagal jantung. Jika menangani pasien sesak  napas, NT-proBNP dapat membantu membedakan  antara dyspnoea jantung atau penyebab lainnya.
Secara akurat (sensitivitas > 91%) juga dapat menyingkirkan dugaan  disfungsi sistolik ventrikel kiri (LVSD) dan sangat efektif dalam mengidentifikasi pasien  dengan fraksi ejeksi ventrikel kiri (LVEF) yang normal.
Pada pasien penderita obesitas atau emphysema yang menyulitkan untuk dilakukan echokardiografi, NT-proBNP dapat digunakan untuk menyingkirkan dugaan gagal jantung dengan tingkat  akurasi sangat tinggi  ( nilai prediksi negatif sebesar 97%).
Level dibawah 125 pg/ml dianggap sebagai normal dan disfungsi jantung dapat dikesampingkan dengan probabilitas yang tinggi . Level diatas 125 pg/ml dapat diindikasikan keberadaan  atau perkembangan disfungsi jantung dan dihubungkan dengan peningkatan resiko kejadian jantung lainnya.

Nilai sensitifitas dan spesifik ekokardiografi dalam mendeteksi ketidaknormalan diastolik tidaklah memuaskan. Dengan  nilai prediksi negatifnya yang tinggi. NT-proBNP dapat digunakan untuk mengesampingkan keberadaan disfungsi diastolik terisolasi dan merupakan alat yang berguna untuk memastikan pasien dengan toleransi latihan yang kurang diakibatkan bukan karena jantung.
Dalam stratifikasi  resiko dan memilih strategi perawatan, NT-proBNP merupakan alat penanda prognostik yang berguna bagi keselamatan pasien dengan gagal jantung kronis. NT-proBNP bahkan merupakan indikator yang lebih baik daripada LVEF, uptake oksigen maksimum (VO2) atau nilai keselamatan gagal jantung (HFSS). Level elevated plasma pada pasien dengan disfungsi ventrikel kiri contohnya, dapat memprediksi keuntungan jangka panjang penggunaan carvedilol jika ditoleransi.
Pengobatan gagal jantung sangat kompleks dan penggunaan paduan pada manajemen pasien sangat terbatas. Intensifikasi terapi obat dapat mengurangi konsentrasi sirkulasi NT-proBNP. Level NT-proBNP dapat digunakan sebagai panduan pengobatan, yang dapat menurunkan angka kejadian  kardiovaskuler dibandingkan dengan perawatan berdasarkan pedoman klinis.
Jika Anda seorang dokter umum, spesialis, atau analis yang bekerja di rumah sakit atu praktek pribadi, sangat diperlukan tes terhadap penyakit jantung maka NT-proBNP menjadi alat yang sangat penting.

 

Sumber : Dr. H.M. Edial Sanif, Sp.Jp.FIHA. Koran Dialog.September, 2008.

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 02 April 2009 19:02
 

MALALARADIO 105.2 FM